Ambarala Didaulat Pimpin Perkumpulan Wija Arung Sumaling

By Editor 10 Sep 2022, 18:39:29 WIB Tokoh
Ambarala Didaulat Pimpin Perkumpulan Wija Arung Sumaling

Intiberita, Makassar -- Setelah beberapa kali digelar pertemuan di Makassar dan Maros  akhirnya Jumat (9/9)  belum lama ini di Lynt Hotel Jl Hertasning Tim Formatur dari berbagai wija La Mappesangka Arung Sumaling dari sejumlah daerah di Sulsel untuk pertama kalinya mengamanahkan Dr Drs Muhammad Hasan Basri Ambarala SH MH menjadi ketua Perkumpulan Wija  La Mappesangka Petta Dg Makkuling Arung Sumaling.

Para Formatur yang jumlahnya 7 orang ini terdiri dari ; Dr Andi Ilham Samallangi, Ir Andi Aspul Anwar Parenrengi, Andi Adiraja Pakki, Andi Herman, Andi Sulaeha, Andi Irsan Rukka dan Andi Adi Mauraga semuanya sepakat menunjuk mantan Karo Pemerintahan Pemprov Sulsel ini jadi ketua.

Ketua Formatur yang dipimpin Dr Andi Ilham Samallangi menjelaskan,  perkumpulan wija ini adalah tempat berkumpulnya wija La Mappesangka Petta Dg Makkuling Arung Sumaling dari Bone, Gowa, Bulukumba, Soppeng, Maros, Sinjai, Selayar dan Maros.

Baca Lainnya :

La Mappesangka sendiri adalah putra Petta Ponggawa LaoE ri Luwu bin La Pareppa Sultan Ismail  Raja Gowa 20 dan Raja Bone ke 19 yang makamnya terletak di Maros.

Menurut Dr Andi Ilham Samallangi terpilihnya Muhammad Hasan Basri Ambarala  karena selain masih tercatat keturunan langsung La Mappesangka dan juga memiliki pengalaman yang mumpuni memimpin perkumpulan.

" Ambarala  memang termasuk trah ke 7 dari La Mappesangka  yang keturunannya ada di Sinjai dan Gowa dan di Bagian Selatan Bone. Beliau dari trah ke 7 La Paccalla Petta Tuju salah satu putra Arung Sumaling ," tutur Andi Ilham yang juga dosen di Unibos.

Ia juga menjelaskan, La Mappesangka memiliki sejumlah putra dan putri diantaranya ; La Massangkirang Sulle Datu Citta Soppeng, La Palurui Karaeng ToboE ri Tanralili, La Bode Petta Jumba, La Makkarumpa Petta Terru, Besse Tanete MaloloE dan La Pabbenteng Dg Palawa Petta Bampe yang keturunannya banyak tersebar di Kabupaten Bone serta beberapa putrinya bergelar Besse di wilayah Bone dan Bulukumba serta sejumlah putra dan putrinya yang masih belum tercatat di database perkumpulan.

" Perkumpulan ini adalah sarana  para wija dari berbagai daerah untuk saling kenal dan ajang silaturrahim. Dan kita tidak sedikit jumlahnya di Sulsel serta luar Sulsel," tutur Andi Ilham.

Ia juga menjelaskan, pihaknya saat ini sementara mengumpulkan data para wija La Mappesangka untuk   menjadi pedoman para wija untuk saling kenal. 

" Kami sudah mengumpulkan data dan silsilah yang dimiliki para wija dan akan kami angkat dalam seminar nanti, tentang siapa La Mappesangka dan mengapa keturunannya banyak tersebar di daerah ini," kata Andi Ilham Samallangi yang juga ahli geologi yang menekuni soal budaya di daerah ini.

Ia juga menjelaskan, pihak Formatur juga telah mengamanahkan Andi Adi Mauraga turunan Arung Sumaling dari trah Arung Mallawa Maros untuk menjadi ketua pertemuan akbar wija Arung Sumaling yang pertama kalinya akan dilaksanakan di Maros. (Ulho/**)




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment