Monumen Buluballea, Hanya Dirawat Masyarakat Tombolo

By Editor 15 Agu 2021, 19:36:37 WIB Sejarah Indonesia
Monumen Buluballea, Hanya  Dirawat Masyarakat Tombolo

Keterangan Gambar : Kompleks Monumen Buluballea



Intiberita - Sebuah monumen perjungan rakyat sulsel yang tidak ingin dijajah Belanda meninggalkan cerita yang miris setelah dibangun oleh Kodam XIV Hasanuddin tahun 1973 lalu. Betapa tidak, monumen yang diresmikan Pangkowilhan III Letjen AJ Witono 11 Desember 1973 itu terkesan tidak diurus. 

Untung saja sejumlah tokoh masyarakat dan anak anak pejuang di daerah itu mau urungan mengumpulkan dana untuk memeiharanya, dengan merenovasi sedikit demi sedikit agar tuguh ini terkesan sebuah situs bersejarah dalam perjuangan kemerdekaan RI.

Baca Lainnya :

Monumen ini mengisahkan sejarah, dimana 16 Desember 1946, Aspirant Cotroleur Belanda Gowa F.R. Westhoff diantar HBA Malino Andi Manggerangi tiba di Tombolo Pao. Tujuannya membujuk rakyat dgn membagi-bagi bahan sandang dan pangan, agar rakyat tetap setia kepada Pemerintah Kolonial Belanda dan menerima hasil Konperensi Malino yg dilaksanakan di Malino 15 - 25 Juli 1946 , yakni berdirinya Negara Indonesia Timur.

Karaeng Paddi sebagai pimpinan Kelaskaran KRIS Tombolo Pao, menganggap bahwa kedatangan Belanda ini merupakan mangsa empuk baginya  yg tetap setia kepada Proklamasi 17 Agustus 1945.

Karaeng Pado' bersama saudaranya Karaeng Teya dan anggota-anggotanya  ingin menghabisi Belanda itu di Tombolo Pao, tapi atas permintaan Andi Mangngerangi dan Aru' Pao Andi Baso Makkumpalle, agar niat tersebut jangan dilakukan di Tombolo Pao, dgn perhitungan Balanda akan melakukan serangan membumi hanguskan Tombolo Pao kalau dilaksanakan di Tombolo Pao.

Maka disepakati oleh Karaeng Pado' dan Andi Mangerangi eksekusi dilaksanakan di Buluballea, 10 km arah Tmur Malino-Sinjai

Siasat diatur oleh Andi Manggerangi, Karaeng Pado' ikut numpang di Mobil Belada dgn alasan ingin silaturahim dgn keluarga di Malino. Tiba di Bulu'ballea,  topi Andi Manggerangi jatuh dan minta agar sopir menghentikan mobil. 


Mobil berhenti Karaeng Pado' langsung duet satu lawan satu dgn Belanda dan berhasil menewaskan F.R. Wasthoff dgn sebilah badik.

Namun dengan euforia kemenangan yg membuatnya lalai, Karaeng Pado' tiba² ditikam dari belakang  sebilah sangkur oleh sopir Belanda yang bernama Baba Tiong Cina  asal Sungguminasa yg mengakibatkan Karaeng Pado' juga gugur di tempat. Karena itu peristiwa ini ditandai dengan dibangunnya monumen perlawanan rakyat  yang terjadi 17 Desember 1946.

Monumen Perjuangan Buluballea di bangun pada Desember 1973 oleh Bagian Sejarah Kodam XIV Hasanuddin dan diresmikan oleh Panglima Kowilhan III Letjen A.J. Witono pada tanggal 11 Desember 1973.

Monumen  perjuangan rakyat ini mestinya mendapat perhatian pemerintah daerah, baik itu Pemkab Gowa maupun Pemda Sulsel. Kendati pun demikian, masyarakat di wilayah Tombolo Pao masih setia memeliharanya. Dibuktikan pada momen 17 Agustus ini, Chaeril Muin sang tokoh madyarakat di wilayah itu,  bergotong royong memeliharanya. Hznya saja keinginan masyarakat untuk memelihara situs bersejarah ini secara rutin, harus mendapat dukungan dan bantuan  dari pemerintah, khususnya Pemerintah Daerahnya.(ist).




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment